Loading

wait a moment

10 Destinasi Wisata Di Pulau Suwarnadwipa Ini Layak Untuk Anda Kunjungi Di Musim Liburan

Liburan merupakan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk menghibur diri dan menghilangkan stress setelah bekerja seharian. Rutinitas pekerjaan yang dilakukan sehari-hari seringkali membuat kita penat, bosan dan sebagai manusia kita membutuhkan waktu luang yang bisa kita isi dengan kegiatan liburan.

Banyak destinasi wisata menarik yang bisa kita kunjungi untuk mengisi liburan akhir pekan atau liburan panjang menjelang akhir tahun, tidak perlu menghabiskan banyak anggaran dengan berlibur ke luar negeri atau jalan-jalan kepusat perbelanjaan elit yang pasti menguras banyak uang, karena negara kita tercinta dianugerahi banyak sekali tempat wisata menarik yang layak kita kunjungi. Mulai dari wisata bertema alam seperti pantai, pegunungan, danau, suaka margasatwa, hingga wisata bertema sejarah dan lain sebagainya bisa dengan mudah ditemukan di negeri kita.

Salah satu pulau utama di Indonesia yang menawarkan destinasi wisata unggulan adalah pulau SUWARNADWIPA, pasti banyak yang asing dengan nama pulau tersebut. Suwarnadwipa adalah nama lain dari pulau SUMATERA, berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti pulau emas. Pulau sumatera merupakan pulau terbesar keenam didunia yang 100% wilayahnya milik Indonesia, selain dianugerahi kekayaan alam melimpah pulau Sumatera juga memiliki banyak sekali destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi pada waktu libur akhir pekan atau liburan panjang menjelang akhir tahun.

Dari sekian banyak destinasi wisata yang terdapat di pulau Sumatera, berikut daftar 10 Destinasi Wisata yang menarik untuk dikunjungi :

1.  MASJID RAYA BAITURRAHMAN – ACEH

Masjid Raya Baiturrahman (Foto: Pixabay)

Jika anda mencari tempat yang layak anda kunjungi ketika berlibur di bumi serambi mekah, maka tempat itu adalah Masjid Raya Baiturrahman. Masjid yang menjadi ikon utama kota banda aceh tersebut berada dipusat kota. Masjid ini menjadi sangat terkenal ketika terjadi bencana tsunami tahun 2004 silam. Ketika bangunan disekitarnyaluluh lantak diterjang gelombang tsunami, masjid ini tetap berdiri tegak dengan kokohnya. 

Masjid ini selesai dibangun pada tahun 1881, hingga kini telah mengalami banyak pemugaran. Penampilan masjid yang menjadi ikon kota banda aceh ini telah mengalami banyak perubahan pasca diterjang bencana tsunami, nampak sejumlah payung raksasa berdiri didepan pelataran masjid dengan diameter sekitar 12 meter. Selain itu, berdiri pula sebuah menara dengan tinggi sekitar 84 meter menambah kemegahan Masjid Raya Baiturrahman.

2.  DANAU TOBA – SUMATERA UTARA

Danau Toba (Foto: Flickr)

Danau Toba adalah danau alami raksasa yang terletak di provinsi Sumatera Utara. Danau ini merupakan danau terluas di Indonesia dengan luas mencapai 1.130 kilometer persegi dan terletak dipulau Sumatera bagian utara pada ketinggian 900 meter diatas permukaan laut. Danau toba lebih menyerupai lautan dibandingkan sebuah danau, mengingat ukurannya yang begitu besar untuk sebuah danau. Oleh karenanya, danau Toba menjadi danau terluas di Asia dan terbesar kedua didunia setelah danau Victoria di Afrika.

Ditengah-tengah danau toba terdapat sebuah pulau bernama pulau Samosir dengan luas yang hampir menyamai negara Singapura. Memiliki ketinggian 1000 meter diatas permukaan laut, pulau samosir telah menjadi tujuan wisata sejak lama. Uniknya, ditengah-tengah pulau samosir ini masih terdapat dua danau indah bernama Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang.

3.  NGARAI SIANOK – BUKITTINGGI 

Ngarai Sianok (Foto: Flickr)

Bukittinggi merupakan kota dengan relief alam perbukitan yang memiliki salah satu destinasi wisata unggulan yakni Ngarai Sianok. Keindahannya terkenal hingga ke manca negara, bahkan disetarakan dengan Grand Canyon di Amerika Serikat.

Ditengah lembah ini mengalir sungai kecil yang membuat pemandangan semakin menakjubkan dan memberikan suasana yang menenangkan. Selain itu, kawasan ini dihuni oleh flora dan fauna yang dilindungi seperti bunga raflesia, tumbuhan obat-obatan, hewan monyet ekor panjang, rusa, macan tutul dan babi hutan.

Panorama indah Ngarai Sianok bisa dinikmati dengan sempurna dari Taman Panorama Bukittinggi dan panorama inilah yang telah dimasukkan dalam uang kertas baru pecahan 2000 rupiah. Selain terkenal akan keindahannya, Ngarai sianok juga menyimpan sejarah peninggalan perang dunia kedua berupa Lubang Jepang yang dibangun oleh tentara Jepang pada tahun 1942, digunakan untuk tempat perlindungan dan penyimpanan perlengkapan militer dengan panjang 1400 meter dan lebar 2 meter.

4.  DANAU SINGKARAK – SUMATERA BARAT

Danau Singkarak (Foto: Wikimedia Commons)

Danau Singkarak adalah danau yang terletak di Provinsi Sumatera Barat tepatnya di kabupaten Solok dan kabupaten Tanah Datar. Danau ini memiliki luas 107,8 kilometer persegi dan merupakan danau terluas ketiga di Sumatera setelah Danau Toba di Sumatera Utara dan Danau Ranau di Sumatera Selatan.

Danau ini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di provinsi Sumatera Barat, dimana setiap tahun selalu diadakan even balap sepeda internasional “Tour The Singkarak”.

Kita bisa memanjakan mata dengan pemandangan danau yang sangat indah dikelilingi bukit yang hijau, apalagi jika dilihat dari ketinggian terutama ketika dini hari pada saat awan bergerak rendah menutupi puncak perbukitan.

5.  SUNGAI KAMPAR – RIAU

Sungai Kampar (Foto: Ensiklopedia Indonesia)

Riau memiliki banyak tempat wisata menarik salah satunya adalah Sungai Kampar. Sungai ini merupakan hasil pertemuan dua sungai besar yakni sungai kampar kanan dan sungai kampar kiri yang muaranya sampai ke Selat Malaka. Di sungai ini terdapat fenomena alam yang disebut Bono, sebuah fenomena ombak yang terjadi akibat pertemuan antara arus sungai yang akan menuju ke laut dengan arus yang menuju ke sungai ketika terjadi pasang.

Sungai Kampar menjadi buah bibir karena memiliki ombak cukup besar yang bisa dimanfaatkan untuk olahraga berselancar. Pertemuan kedua arus tersebut menimbulkan ombak Bono yang banyak dimanfaatkan oleh para peselancar untuk menikmati sensasi olahraga berselancar yang berbeda dari biasanya. Bagi penggemar olahraga berselancar baik peselancar domestik maupun mancanegara, Ombak Bono yang awalnya dianggap berbahaya dan menakutkan justru menjadi tantangan tersendiri untuk ditaklukan dan sekarang telah menjadi salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Pelalawan (Provinsi Riau).

6.  DANAU RANAU – SUMATERA SELATAN

Danau Ranau (Foto: Palembang.tribunnews)

Danau Ranau adalah danau terbesar kedua di Sumatera dengan luas 125,9 kilometer persegi setelah Danau Toba di Sumatera Utara. Danau Ranau menyajikan pemandangan yang indah dan alami, dikelilingi oleh perbukitan dan lembah. Lokasi danau ini sangat tenang dan jauh dari keramaian kota, dengan panorama yang sangat memanjakan mata.

Oleh karena danau ranau sangat luas dengan latar Gunung Seminung yang menjulang tinggi sekitar 1.880 meter diatas permukaan laut. Panorama ini menjadikan Danau Ranau sebuah destinasi yang tidak kalah menarik dari Danau Toba di Sumatera Utara yang sudah terkenal hingga ke manca negara.

Selai itu, ditengah danau ini juga terdapat sebuah pulau yang bernama Pulau Marisa, untuk mencapai pulau ini pengunjung bisa menggunakan kapal dengan harga sewa yang cukup terjangkau.

7.  DANAU GUNUNG TUJUH – JAMBI

Danau Gunung Tujuh (Foto: Wikimedia Commons)

Danau Gunung Tujuh merupakan Danau yang terletak di Provinsi Jambi, danau ini berada dikawasan Gunung Tujuh, sebuah gunung yang berada tepat dibelakang gunung kerinci. Danau ini merupakan danau tertinggi di Asia Tenggara yang terbentuk akibat letusan gunung kerinci ratusan tahun lalu.

Lokasinya sangat alami, indah dan menjadi tempat masyarakat mencari mata pencaharian dengan mencari ikan. Danau ini disebut Danau Gunung Tujuh, karena dikelilingi oleh barisan pegunungan yang berjumlah tujuh yakni Gunung Tujuh, Gunung Jar Panggang, Gunung Madura Besi, Gunung Hulu Tebo, Gunung Lumut, Gunung Hulu Sangir, dan Gunung Selasih.

8.  CANDI MUARO JAMBI – JAMBI

Candi Muaro Jambi (Foto: Beritagar)

Kompleks Candi Muaro Jambi merupakan sebuah kompleks percandian agama Hindu-Budha terluas di Asia Tenggara, yang kemungkinan merupakan peninggalan kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu. Kompleks candi ini terletak di Provinsi Jambi, lebih tepatnya di Kabupaten Muaro Jambi. Candi Muaro Jambi merupakan kompleks percandian yang terbesar dan paling terawatt di pulau Sumatera, dan sejak tahun 2009 telah dicalonkan kepada UNESCO untuk menjadi Situs Warisan Dunia.

9.  FORT MARLBOROUGH – BENGKULU

Fort Marlborough (Foto: Flickr)

Ketika berlibur ke Bengkulu, sempatkan waktu untuk berkunjung ke salah satu destinasi wisata bernuansa sejarah yakni FORT MARLBOROUGH. Sebuah banteng peninggalan Inggris yang dibangun oleh East India Company pada tahun 1714-1719 sebagai banteng pertahanan inggris.

Benteng ini merupakan benteng terbesar kedua yang dibangun inggris di Asia setelah Benteng Madras di India. Benteng Marlborough dibangun selama 22 tahun dari 1719-1741 dikawasan strategis menghadap Samudera Hindia diatas bukit buatan, yang jika dilihat dari atas menyerupai kura-kura menghadap kedaratan.

10. TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS – LAMPUNG

Taman Nasional Way Kambas (Foto: Waykambas)

Jika berlibur ke provinsi Lampung, tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi salah satu destinasi unggulan didaerah tersebut yakni Taman Nasional Way Kambas. Sebuah lokasi yang terkenal sebagai tempat konservasi gajah sumatera. Di Taman Nasional ini terdapat beberapa hewan yang hampir punah seperti badak sumatera, gajah sumatera, dan harimau sumatera.

Di Taman Nasional Way Kambas, gajah-gajah yang dilatih ditempatkan di pusat latihan gajah yang berdiri sejak tahun 1985. Gajah yang dilatih tersebut dapat menjadi gajah tunggangan, atraksi, pengangkut kayu, dan membantu membajak sawah.

Demikianlah 10 Destinasi Wisata menarik di Pulau Suwarnadwipa (Sumatera) yang menarik untuk anda kunjungi ketika berlibur. Masih banyak Destinasi wisata lainnya yang terdapat di pulau Sumatera yang bisa menjadi pilihan anda untuk mengisi libur akhir pekan atau liburan panjang menjelang akhir tahun.

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *